Warna
merupakan hal terpenting dalam interaksi manusia dengan komputer karena
warna berfungsi untuk memberikan vibrasi tertentu di dalam suatu
desain. Masing - masing warna memiliki arti/kesan/filosofi tersendiri. Sehingga dalam perancangan desain dalam pengaplikasian IMK perlu ketepatan dalam pemilihan warna yang akan dipakai. Jika pemilihan warna yang tidak tepat akan mempengaruhi kinerja seseorang ketika mengoperasikan aplikasi IMK. Dan sebaliknya, dengan pemilihan warna yang tepat dan sesuai maka dapat mempermudah seseorang untuk
meembedakan menu - menu yang akan digunakan.
Begitu hebatnya kekuatan warna, sehingga bisa memberikan efek psikologis kepada semua orang yang melihatnya termasuk dalam IMK sendiri. berikut beberapa warana yang sering digunakan dalam IMK :
Begitu hebatnya kekuatan warna, sehingga bisa memberikan efek psikologis kepada semua orang yang melihatnya termasuk dalam IMK sendiri. berikut beberapa warana yang sering digunakan dalam IMK :
Merah
Merah adalah warna yang kuat sekaligus hangat. Biasanya di gunakan
untuk memberikan efek psikologi ‘panas’ , ‘berani’ , ‘marah’ dan
‘berteriak’. Beberapa studi juga mengindentifikasi merah sebagai warna
yang sexy.
Di dalam desain, kita bisa menggunakan warna merah sebagai aksen
karena sifatnya yang kuat. Misalnya, foto hitam putih di berikan aksen
warna merah sedikit saja sudah bisa membuat foto tersebut menjadi
terlihat berbeda.
Hijau
Hijau adalah warna yang tenang karena biasanya di kaitkan dengan
lingkungan dan alam. Di dalam desain, kita bisa menggunakan warna hijau
untuk memberikan kesan segar. Dan dengan mudah kita bisa memberikan
nuansa membumi dengan kombinasi warna hijau dan coklat gelap.
Kalau warna merah di atas bisa di ibaratkan sebagai musik rock dengan
hentakan keras dan cepat, maka warna hijau bisa di ibaratkan sebagai
musik klasik (atau musik-musik meditasi). Maka itu berhati-hatilah
memadukan merah dan hijau, karena akan sedikit bermasalah. Atau
tambahkan saja kuning sehingga menjadi musik Reggae.
Biru
Biru adalah warna favorit para pria dan termasuk warna yang ‘dingin’.
Kalau di dunia desain, biru sering di sebut “warna corporate” karena
hampir semua perusahaan menggunakan warna biru sebagai warna utamanya.
Tidak heran memang, karena biru merupakan warna yang termasuk tenang
dan bersifat penyendiri.
Efek lain warna biru adalah sering di anggap sebagai warna yang sedih
(langit biru di malam hari?). Biru juga bisa di pakai untuk menurunkan
nafsu makan, karena berkonotasi dengan racun. Jadi gunakanlah warna biru
untuk mendesain box obat diet.
Kuning
Kuning adalah warna yang ceria, menyenangkan dan menurut saya sedikit
‘melompat-lompat’. Tidak heran warna kuning identik dengan mainan
anak-anak. Kuning juga biasanya di gunakan untuk mendapatkan perhatian
dari orang yang melihat desain kita.
Karena begitu kuatnya warna kuning ini, seringkali di gunakan untuk
mendapatkan perhatian orang. Ingat rambu lalu lintas yang memberikan
tanda bahaya? Semua di dominasi warna kuning atau merah (yang masih satu
garis keturunan).
Ungu
Ungu adalah warna yang memberikan kesan spiritual, kekayaan dan
kebijaksanaan. Saya jadi ingat desain baju penyihir / dukun / sejenisnya
di jaman medieval, kebanyakan di dominasi warna ungu. Ungu juga warna
yang unik karena sangat jarang kita lihat di alam.
Dengan menggunakan warna ungu kita bisa memberikan kesan unik pada
desain kita, baik kita menggunakan secara dominan atau hanya sebagai
aksen saja. Kelemahannya adalah sangat susah di padukan dengan warna
lain, kita harus ekstra memikirkan warna yang cocok bersanding dengan
warna ungu.
Coklat
Coklat adalah warna bumi, memberikan kesan hangat, nyaman dan aman.
Namun selain itu, coklat juga memberikan kesan ‘sophisticated’ karena
dekat dengan warna emas. Bisa di bayangkan kesan ‘mahal’ desain dengan
kombinasi warna hitam dan coklat muda.
Dan tidak lupa, coklat juga bisa memberikan nuansa ‘dapat di
andalkan’ dan ‘kuat’. Saya membayangkan warna coklat bisa di gunakan di
firma hukum sebagai warna utama perusahaan mereka.
Oranye
Oranye adalah hasil peleburan merah dan kuning, sehingga efek yang di
hasilkan masih tetap sama, yaitu ‘kuat’ dan ‘hangat’. Warna ini sering
di gunakan pada tombol website yang penting, seperti ‘buy now’ ,
‘register now’ dan lainnya yang sejenis, istilahnya adalah ‘call to
action’ button.
Dari sisi psikologis sebenarnya warna oranye memberikan kesan tidak
nyaman, dan sedikit gaduh. Mungkin karena sebab itulah warna ini paling
banyak di pakai untuk menarik perhatian orang.
Merah Muda
Merah muda adalah warna yang feminin, kalau menggunakan warna ini
pasti kamu berurusan dengan sesuatu yang bersifat kewanitaan. Efek cinta
romantis juga bisa timbul dari warna merah muda ini, agak sedikit
berbeda dengan warna merah yang lebih menggambarkan ‘gairah yang
berani’.
Tetapi banyak juga desainer yang berani menggunakan warna merah muda
ini dengan terang-terangan. Misalnya dengan kombinasi hitam dan merah
muda sebuah desain bisa menjadi terlihat unik.
Putih
Putih adalah warna yang murni, tidak ada campuran apapun. Makanya
sering di anggap sebagai warna yang menimbulkan efek suci dan bersih.
Ketika kita ingin membuat desain yang simple dan minimalis, menggunakan
warna putih adalah langkah yang tepat (walaupun bukan cara
satu-satunya).
Hitam
Hitam adalah warna yang gelap, suram, menakutkan tetapi elegan. Saya
merasa elemen apapun jika di taruh di atas background hitam akan terasa
lebih bagus (misalnya, pada waktu menampilkan foto, portfolio atau
produk). Tapi tidak selalu efektif di dalam kasus tipografi.
0 komentar:
Posting Komentar